Tips Agar Handphone Hemat Baterai dan Awet

by | Filed under Tutorial.

Tips Agar Handphone Hemat Baterai dan Awet. Di jaman sekarang ini, penggunaan handphone & gadget memang semakin trend saja. dan sekarang ini sudah banyak sekali fasilitas yang telah di tanamkan di dalamnya sehingga membuat penggunanya semakin di manjakan. Hal yang paling mengasikkan lagi ialah sifatnya yang portable atau bisa di bawah kemana-mana. Hal ini karena tentu karena adanya baterai yang disertakan sehingga mampu menyokong tenaga listrik yang digunakan.

Namun satu hal yang sangat penting, bahwa penggunaan handphone jaman sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, dimana jaman sekarang penggunaanya tidak lagi hanya sekedar menelpon dan SMS san. Seiring dengan itu, penggunaan daya baterai pun juga semakin meningkat sehingga kebanyakan fasilitas didalamnya malah membuat Baterai Handphone anda menjadi cepat Habis (Low Bat).

Untuk mengatasi masala agar handphone anda bisa hemat daya dan bisa membuat baterai menjadi awet, berikit beberapa tips-nya.

Tips agar handphone hemat daya baterai dan awet.

  1. Jangan terlalu sering melakukan kegiatan akses internet seperti browsing maupun chatting.
  2. Sebisa mungkin hindarkan handphone anda dari daerah lemah sinyal. Karena secara default perangkat handphone akan selalu mencari sinyal dan ini akan menyedot penggunaan baterai.
  3. jangan men-charge handphone dengan waktu yang lama secara berlebihan. Jika Baterai handphone sudah penuh sebaiknya segera lepas charge-nya.
  4. Matikan handphone dan Jangan menggunakan handphone saat sedang di-charge
  5. Redupkan lampu layar atau kurangi brightness/ketajaman layar LCD. cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut.
  6. Kurangi volume speaker dan volume ringtone music. Jika anda ingin mendengarkan music sebaiknya gunakan headset.
  7. Non aktifkan jaringan nirkabel seperti Bluetooth dan Wifi jika tidak diperlukan. Aktifkan hanya jika memang diperlukan.
  8. Jika tidak diperlukan, hindari penggunaan mode ringing dan mode getar secara bersamaan.
  9. Pilih “when needed (bila diperlukan)”, jangan pilih “when available (bila tersedia)” untuk setting GPRS di handphone anda.
  10. Pada beberapa ponsel pintar, tersedia fasilitas layanan push email, sebaiknya di non aktifkan saja. jika ingin mengecek email sebaiknya lakukan pengecekan email secara manual.
  11. Gunakan aplikasi yang bisa memberitahukan kondisi baterai pada ponsel yang mendukung. Misalkan pada iPhone 4 bisa memakai aplikasi Battery Go dan myBatteryLife. Dan pada BlackBerry Torch 2 bisa menggunakan Aplikasi Blackberry NB BattStat. Aplikasi tersebut bisa membantu anda mengetahui berapa lama baterai mampu bertahan dan sejauh mana temperatur panasnya.

Dari beberapa tips diatas, mungkin semuanya akan susah dihindari, namun tidak ada salahnya jika menyempatkan waktu untuk melakukan beberapa cara tersebut sebisa mungkin, dan tentunya jika dilakukan akan membuat handphone anda bisa hemat daya baterai dan membuat baterai menjadi awet tahan lama.

4 Responses to “Tips Agar Handphone Hemat Baterai dan Awet”

Leave a Reply