Cara Flash Nokia Lumia Windows Phone (Semua Tipe)

by | Filed under Handphone & Gadget.

Handphone Nokia Lumia bermasalah atau hanya ingin sekedar update OS Windows Phone/Firmware terbaru agar Nokia Lumia anda memiliki fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada? Jika memang ia maka salah satu yang dapat dilakukan ialah dengan Cara Flash atau Instal Ulang/Upgrade Firmware Nokia Lumia anda.

Perlu dicatat pada tutorial ini saya memberikan contoh di Nokia Lumia 710 Windows Phone 7.5 Mango, namun demikian hal ini dapat juga diterapkan pada Nokia Lumia dengan tipe dan Windows Phone 8 Lainnya. sedangkan untuk ponsel nokia dengan os symbian, silahkan baca pada tutorial Cara Instal Ulang/Flash Handphone Nokia Symbian.

Untuk memulainya silahkan ikuti langkah-langkah flashing Nokia Lumia dibawah ini:

Unduh File Firmware
Untuk memperoleh Firmware terbaru dari perangkat Nokia Lumia Windows Phone anda, caranya sebagai berikut

  1. Download aplikasi Navifirm+ langsung dari Komputer/Laptop
  2. Extract dan jalankan aplikasi Navifirm+ dan Pastikan juga Komputer/Laptop dalam keadaan terkoneksi dengan Internet yang stabil/cepat
  3. Di aplikasi Navifirm+ yang terbuka, pada bagian pilihan “Server” kiri atas pastikan anda mencari Firmware yang berasal dari sever “Nokia Care Suite”

    navifirm nokia lumia firmwareKlik gambar untuk memperbesar

    Tentukan sesuai dengan jenis type ponsel nokia lumia anda. contoh disini saya pilih Nokia Lumia 710 dengan RM-803.

    Untuk mengetahui versi RM-XXX, ketik *#0000# di hp Lumia anda.

    Selanjutnya pilih salah satu release version dan variants firmware yang kamu inginkan. contoh, untuk Lumia 710, saya pilih 1600.3013.8107.11502 > Nokia 710 RM-803 Country Variant Indonesia ID Black V2 (059N292)

    Perhatian:
    Ingat, Jangan sampai salah memilih firmware untuk hp anda, untuk firmware versi yang ada Bahasa Indonesia biasanya dengan kode “APAC, Indonesia, atau APAC Indonesia”. jadi pilih yang benar. dan Tidak disarankan anda memilih release firmware yang lebih rendah dari dari versi yang digunakan saat ini (downgrade) dalam hal ini lebih baik anda memilih release yang lebih tinggi (upgrade)

  4. Selanjutnya Unduh semua file dari variants firmware yang dipilih dan simpan ke folder penyimpanan sementara yang aman

Lakukan Flash Firmware ke Hanphone Lumia:

  1. Download dan install Nokia Care Suite (NCS). Pastikan anda sudah memasang software Zune sebelum memasang Nokia Care Suite dengan minimal OS PC/Laptop yang digunakan ialah Windows Vista keatas
  2. Setelah Nokia Care Suite terinstall, Tempatkan file firmware yang tadi telah di download tadi dalam satu folder dengan nama sesuai versi RM lumia anda. misalnya untuk hp saya RM-803, maka saya buat folder dengan nama RM-803. lalu tempatkan folder tersebut ke directory PC/Laptop anda “C:\ProgramData\Nokia\Packages\Products\RM-803” (saya mencobanya di Win 7).
  3. Matikan hp dan Jangan dulu sambungkan kabel USB dari hp ke komputer
  4. Jalankan aplikasi Nokia Care Suite dan pilih “Product Support Tool For Store”
  5. Pilih “No connection” dari dropdown-menu di pilihan “Connection”
  6. Pilih menu “File > Open Product”.
  7. Cari device anda, (Untuk kasus saya, saya pilih 710, RM-803) dan klik Open.
  8. Sekarang sambungkan hp dalam keadaan mati dan komputer dengan USB. Secara otomatis hp akan menyala.
  9. Pilih menu “Programming > Recovery”
  10. Klik “Update List” dan pilih firmware yang tadi didownload. Secara otomatis akan terdeteksi kalau anda sudah menaruh firmware yang telah di download tadi di folder yang tepat.
  11. Centang “update automatically” dan “USB dead phone flashing” dan klik “Start”.
  12. Ikuti instruksi yang muncul dan matikan hp
  13. Jika muncul pesan “application has lost the connection with your phone”. Matikan hp lalu tekan dan tahan tombol Pengeras Suara dan Power (Volume Up + Power) secara bersamaan. Kemudian segera klik “Retry” di aplikasi Nokia Care Suite.
  14. Selanjutnya anda akan melihat kalau proses flashing sedang berjalan. Tunggu saja sampai selesai.
    navifirm nokia lumia firmware

Jika semua proses Flash Handphone Nokia Lumia diatas berhasil dilakukan, secara otomatis Lumia anda sudah pasti dapat digunakan kembali yang tentunya dengan firmware terbaru.

4 Responses to “Cara Flash Nokia Lumia Windows Phone (Semua Tipe)”

  1. alahhhhhhh bbbbbbbbboooooooooooooooooohhhhhhhhhhooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooonnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnggggggggggggggggggggggggggggg

  2. Masalah apa yg terjadi jika nokia lumia mengalami kerusakan pada pemutar musik yg tak bisa didengar suara.y namun musik.y tetap berjaln dan harus mengunakan headset agar bisa bersuara???

Leave a Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Membuat Ponsel Windows Phone & Android Jadi Wifi Hotspot | krisstudetstkipsurya